Minggu, 14 April 2013

Essay Beasiswa Tanoto Foundation

hy guys,,, dibawah ini merupakan essay pertamaku mendaftar pada beasiswa tanoto tahun 2013 dan alhamdulillah,,, berkat essay ini pula aku dapat lolos seleksi tahap pertama... dan akan melanjutkan seleksi tahap 2 yakni psikotes... do'a kan aq ya teman2.... jngan pernah berputus asa untuk sgala hal yg ingin kita perjuangka selama itu benar dan diridhoi oleh Allah swt. semoga bermanfaat :-)


ESSAY TANOTO
Saya memilih FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan) prodi matematika PGSBI di Universitas Jambi karena salah satu gerbang dimana saya dapat mewujudkan cita-cita saya dari kecil. Bagi saya guru merupakan sosok yang paling saya kagumi. Dengan segudang ilmunya, ia dapat menumpahkan semua itu kepada siswa-siswinya. Saya sudah mulai berani mengajar privat  sejak semester 2, Bagi saya mengajar bukanlah sebuah pekerjaan untuk sekedar meraih royalty saja, tapi mengajar adalah hobi yang paling saya sukai, karena mengajar merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan.
Matematika adalah pelajaran yang paling tidak saya sukai pada awalnya, hal itu disebabkan guru matematika sewaktu saya SMP mengajar dengan sangat tidak baik. Saya berfikir matematika adalah sebuah kutukan bagi saya, tapi sebaliknya lambat laun saya mulai melirik, bahkan pada akhirnya saya sangat mencintai matematika di bangku SMA. Saya bertekad akan menjadi guru matematika yang professional, membuat matematika sangat menyenangkan bagi setiap siswa-siswi saya kelak. 
Target dalam waktu 5 tahun setelah menyelesaikan studi S1 saya adalah sesuai dengan pepatah “ tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina “. Setelah studi  S1, saya akan langsung melanjutkan studi S2 Ke luar negeri. Itu adalah mimpi saya, saya tidak akan hanya bermimpi setinggi mungkin tanpa ada usaha yang nyata, terlebih saya termasuk orang yang ekonominya kurang. Rasanya sangat mustahil dapat kuliah ke luar negeri dengan biaya sendiri. Salah satu jalan adalah beasiswa, saya akan tetap optrimis dan pantang menyerah mencari berbagai beasiswa yang ada. Target saya sekitar 2 atau 3 tahun untuk menyelesaikan studi S2 saya, setelah itu saya akan pulang ke Indonesia, ke kota kecil tempat kelahiran saya yakni Jambi. Saya akan mengabdikan semua ilmu yang telah saya dapatkan. Saya ingin menjadi Dosen matematika yang profesioanal di Universitas Jambi. Setelah itu 1 atau 2 tahun kemudian, mengingat dengan umur yang cukup matang maka saya akan menikah.
Inspirasi saya tentunya tidak terlepas dari sosok yang paling saya kagumi, salah satu dosen bahasa inggris Universitas Jambi Pak yanto. Ia seorang yang sangat optimis dan penuh dengan keambisiusan demi meraih cita-citanya. Setiap saya ada kelas dengan beliau sekitar 15 menit pertama, kami disuguhkan dengan semua kata-kata motivasinya. Ia adalah seorang lulusan S2 dari sebuah Universitas di Australia. Beliau yang dulunya hanya S1 di Universitas Jambi, tapi dengan semangat yang membara, ia mendaftar di berbagai beasiswa yang ada. Dan dengan perjuangn yang tidaklah mudah. Ia dapat mewujudkan mimpinya itu, kelak saya yang akan menceritakan dan memberi motivasi kepada seluruh mahasiswa saya seperti beliau.
Mimpi hanyalah mimpi jika tidak ada usaha yang nyata, saya mulai mempersiapkan diri dari sekarang untuk test seperti TOEFL, IELTS, dll. Saya mengikuti kursus English 3 kali seminggu. Alhamdulillah dengan biaya sendiri dari hasil mengajar privat saya. Saya mulai mencari info, browsing dan membeli buku-buku mengenai beasiswa yang ada untuk ke luar negeri.
Konstribusi besar tentunya dapat saya sumbangkan Kepada Bangsa Indonesia kelak. Saya akan tetap pada prinsip saya untuk mengabdikan diri kepada Bangsa tercinta ini. Saya akan kembali ke Indonesia untuk memajukan bangsa ini dengan peluang apapun yang bisa saya lakukan atas semua ilmu yang telah saya dapatkan.
Terutama di Jambi, saya akan bertekad memajukan Kota tercinta ini menjadi lebih baik lagi, mengabdikan diri sebagai dosen matematika yang baik untuk menciptakan generasi penerus yang lebih bagus lagi, dan menjadi seseorang yang dapat menginspirasi banyak orang untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi tentunya.

1 komentar: